Cara Setting Modem USB di Ubuntu

Bagi sobat yang baru menggunakan ubuntu dan bingung untuk setting internet supaya bisa internetan lewat ubuntu, Terutama mengguakan modem USB seperti Huawei, dan sebagainya.
Dalam windows kita perlu instal driver modemnya dulu kan?? di ubuntu sobat tidak perlu lagi instal driver modemnya. nah berikut saya kasih langkah-langkahnya....

1. Masukan Modem USB ke port USB di CPU, tunggu beberapa saat hingga muncul shortcut modem yang sobat gunakan muncul di desktop.

2. Klik ikon sinyal di area notifikasi dekat nama sobat kemudian klik "New Mobile Broadband (GSM) Connection". lihat gambar brikut:



3. Ketika Muncul jendela baru yaitu "New Mobile Broadband Connection" Lihat gambar berikut:



4. Kemudian klik Forward kemudian sobat harus memilih negara, setelah selesai memilih klik Forward.

 

5. Pilih operator mana yang sobat gunakan, mislanya Telkomsel. klik Forward.




6. Kemudian pilih APN (Acces Point Name), biasanya langusng default, kemudian klik Forward.

7. kemudian akan muncul jendela lagi yaitu "Confirm Mobile Broadband Setting". lalu klik Apply dan akan konek dengan sendirinya. jika berhasil akan muncul notifikasi bahwa koneksi berhasil seperti gambar berikut:







8.Jika operator yang sobat gunakan tidak ada. ketika sobat memilih operator seperti pada nomor 5. klik saja "I can't find my provider and i wish to enter it manualy". klik Forward, kemudian ketikan nama provider yang sobat gunakan. lalu klik forward.

 
9. Setelah itu ketikkan nama APNnya seperti pada nomor 6. klik forward kemudian klik Apply maka proses koneksi akan di mulai seperti pada nomor 7.

Jika berhasil, sekarang sobat bisa mengakses internet mnggunakan ubuntu, jika ingin berhenti koneksi internetnya, klik kembali di ikon sinyal seperti pada gambar nomor 2, kemudian klik Disconnect. begitupun juga sebaliknya jika ingin mengkonekkannya kembali tinggal klik ikon sinyal kemudian klik nama provider yang sobat gunakan.

Jika mengalami kesulitan atau masalah, sobat bisa menghubungi saya lewat komentar, email, atau facebook.

Semoga bermanfaat...^_^

2 comments:

Unknown said...

thanks,,
di coba dulu trik nya

kunjungi jg http://www.andredrake.co.cc/

Hasan Sparda said...

iya...wah.. trnyta blog anda sngat keren....
terimakasih atas kunjungannya....

Sponsor

Powered By Blogger